OWSehRUIe0kqguRPEJQzI2qzGv6ySdcJevLbkmGY

Cara Merintis Bisnis Laundry Kiloan Dari Nol Sampai Sukses Punya Banyak Cabang

Cara Merintis Bisnis Laundry Kiloan Dari Nol Sampai Sukses Puya Banyak Cabang



Semakin berkembangnya zaman dan ketatnya persaingan hidup kita harus lebih jeli dalam memilih peluang usaha yang menjanjikan.

Di tengah perkotaan dengan aktifitas para karyawan yang sibuk bekerja dan mahasiswa yang sibuk dengan tugas tugas perkuliahan. Di tambah dengan sibuknya para ibu rumah tangga yang mengurus anak dari pagi hingga malam membuat mereka terkadang tak sempat untuk mengurus pakaian kotor.

Hal itu menjadi peluang usaha yang menggiurkan dengan membuka bisnis laudry sebab usaha ini memiliki potensi yang cukup panjang untuk solusi meringankan pekerjaan para ibu rumah tangga dan mahasiswa. 

Bisnis laundy tidak akan pernah putus putus, sebab kegiatan mencuci pakaian akan di lakukan terus menerus apalagi dengan padatnya kesibukan membuat orang berfikir menggunakan jasa cuci pakaian akan memperingan pekerjaan rumah.  

Dengan tarif yang begitu murah dan pelayanan yang begitu cepat membuat laundry kiloan menjadi buruan oleh mereka. 

Apakah anda tertarik untuk membuka bisnis laundry kiloan ? jika tertarik silakan simak artikel di bawah ini !

Cara Merintis Bisnis Laundry Kiloan Dari Nol Hingga Sukses Punya Banyak Cabang

Hal yang pertama harus anda lakukan untuk membuka bisnis laundry kiloan adalah tentukan lokasi yang strategis. Carilah lokasi yang padat penduduk seperti di area perkotaan, perumahan atau dekat dengan kampus.

Pilihlah target market anda apakah para karyawan, ibu rumah tangga atau para mahasiwa. Sebab untuk mentarget mereka terkadang berlokasi yang berbeda beda dan terspesifik namun jika anda beruntung anda akan menemukan lokasi yang sangat strategis untuk menjangkau target semua kalangan.

Cara Membuka Usaha Bisnis Laundry Kiloan Bagi Pemula


1. Berapa Modal Untuk Membuka Bisnis Laundry Kiloan

Mau buka bisnis laundy kiloan kamu wajib siapkan modal lebih, sebab apapun bisnisnya yang menjadi pondasi utama adalah modal.

Semakin banyak modal yang kita miliki maka semakin mudah untuk kita menjalani suatu bsinis. Untuk memulai bisnis laundry kiloan paling amannya adalah sekitar 10 juta itu sudah termasuk biaya perlatan dan operasional.

Dengan modal 10 juta kita sudah dapat 2 alat mesin cuci 1 mesin pengering dan alat alat lainnya namun belum termasuk dengan biaya sewa tempat. Bisnis laundry kiloan adalah bisnis yang jangka panjang selama manusia menghasilkan cucian kotor maka bisnis laundry kiloan kita akan tetap berjalan.

2. Tentukan Harga Jasa Laundy Kiloan

Anggap saja kamu sudah mendirikan bisnis laundry kiloan dan sudah siap melayani pelanggan. Hal yang tidak kalah penting adalah menentukan harga tentunya kita harus melakukan riset terhadap pesaing di sekelilingnya.

Sebab setiap daerah memiliki harga yang bervariatif untuk awal awal mungkin kamu bisa memberikan harga murah misalnya selisih 1000 atau 2000 lebih murah dari kompetitor kamu. Lalu setelah banyak pelanggan kamu bisa menaikan harga sedikit sedikit.

Namun jika ingin menaikan tarif harga laundry kiloan tentunya kamu juga harus memberikan pelayanan yang lebih terhadap pelanggan. Agar pelanggan tidak merasa rugi dengan kenaikan harga yang kamu berikan.

3. Berikan Layanan Yang Memuaskan

Sebagai pelaku bisnis laundry kiloan, kamu jangan hanya berfokus pada harga saja tapi juga berikan layanan yang dapat pelanggan puas misalnya dengan memberikan layanan antar jemput. Atau juga layanan ekspres proses pencucian lebih cepat seperti cuci pagi siang sudah selesai.

Wow pelanggan pasti akan merasa sangat senang jika layanan tersebut prosesnya cepat kilat dan tidak akan kerepotan jika ada urusan mendadak, konsumen akan merasa terbantu dengan layanan ekspres tersebut.

4. Pahami Cara Mencuci Yang Benar Dan Baik

Mencuci bukanlah hal yang mudah apalagi kita mencuci pakaian milik orang. Menjadi orang yang di amanahkan untuk mencuci pakaian orang tentunya kita harus menjaga amanah tersebut dengan membersih pakaian dengan baik. 

kamu harus memerhatikan detil pakaian dari pelanggan kamu.

Misalnya, jangan mencampur pakaian putih dengan pakaian berwarna karena ada risiko terkena luntur, atau mengetahui cara menghilangkan noda membandel, cara mencuci berbagai bahan jeans, sweater dan lainnya.

Dengan pengetahuan yang miliki tentunya kamu akan terlihat lebih profesional dan dapat di percaya dengan konsumen. 

5. Buat Marketing Promosi Yang Baik

Untuk menarik konsumen agar tertarik adalah dengan mengadakan promosi promosi yang menarik. Misalnya dengan mengadakan diskon potongan harga jika mencuci baju lebih dari 5kg. Atau juga bisa memberikan hadiah terhadap pelanggan lama, trik ini bisa menahan pelanggan agar tidak kabur.

Atau juga bisa dengan sistem kupon setiap pelanggan yang mencuci di tempat anda akan mendapat kupon yang nantinya kupon kupon tersebut bisa di tukar dengan hadiah yang menarik. 

Jika hadiahnya menarik pasti pelanggan akan sering mencuci baju di tempat anda dan mengumpulkan banyak kupon agar dapat di tukar dengan hadiah yang di inginkan. 

6. Perhitungkan Biaya Operasional

Dan jangan lupa untuk menghitung biaya operasional saat menjalankan bisnis laundry. Seperti biaya sewa toko, bayar listrik, gaji karyawan dan biaya biaya yang tak terduga lainnya. 

Untuk mengatasi pengeluaran yang tak terduga seperti kerusakan pada alat maka anda juga harus menyiap dana untuk menambal kebutuhan tersebut. Jangan sampe masalah itu malah menghambat bisnis laundry anda.

7. Perhatikan Waktu 

Masalah yang biasa terjadi pada saat bisnis laundry adalah ketepatan waktu usahakan jangan sampai pesanan pelanggan belum selesai pada waktu yang telah di janjikan. Karena masalah ini bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Jika tidak tepat waktu anda harus siap siap mendapatkan riview yang kurang baik dari konsumen. Sebab dalam menjalan bisnis di bidang jasa kepuasan pelanggan adalah nomor satu jangan sampai ada kekecewaan yang muncul dari pelanggan karena anda tidak dapat mengerjakan tugas tepat pada waktunya.


8. Memilih Karyawan Yang Berkualitas Dan Melakukan Pembukuan Yang Jelas

Perkembangan bisnis laundry anda bergantung kepada karyawan anda, jika anda memiliki karyawan yang memiliki loyalitas tinggi dan kinerja yang baik maka bisnis anda juga kemungkinan akan berkembang dengan pesat begitupun sebaliknya.

Memilih karyawan juga tidak asal asalan carilah karyawan yang memang sudah terbiasa dengan pekerjaan ini atau carilah karyawan yang memiliki pengalaman relavan dengan bisnis laundry anda.

Jangan sampai anda mendapatkan karyawan yang asal asalan yang nanti akan membawa petaka terhadap bisnis laundry anda.

Lakukanlah pembukuan yang jelas dengan adanya catatan pengeluaran dan pemasukan kamu dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis laundry kamu. Jika memungkinkan keuangan sedang dalam kondisi baik kamu bisa menambah alat alat kebutuhan atau bisa membuka cabang bisnis laundry yang baru.


Related Posts

Related Posts

Post a Comment

Tunggu detik
Tunggu detik